Cegah Berbagai Insiden, Wakil Komut: Pertamina Terus Perkuat Budaya Kerja Berbasis Safety

Putraindonews.com – Jakarta | Pertamina menjadikan insiden di Kilang Balongan sebagai pembelajaran demi terus memperkuat budaya HSSE (Health, Safety, Security, & Environment) di tubuh Perseroan.

Kaitannya dengan itu, Wakil Komisaris Utama Pertamina Pahala Mansury mengatakan guna mencegah berbagai insiden kembali terulang, Pertamina pun terus memperkuat budaya kerja berbasis safety.

“Pertamina memastikan sisi safety dan identifikasi sepanjang 2022 yang menjadi hazard dan resiko tinggi sudah dilakukan tindakan secara langsung. Pertamina melakukan investasi tambahan dari sisi protection system setelah kejadian 2 tahun yang lalu, sehingga kejadian tidak terulang,” kata Pahala saat melakukan Safari Ramadhan ke Kilang Balongan, Indramayu, Jawa Barat, Selasa (4/4).

Baca Juga : pertamina geothermal catatkan peluang ekomomi dari pengurangan emisi karbon

Pahala menegaskan, investigasi menyeluruh telah dilakukan sebagai langkah mitigasi. Selain itu, kekurangan baik dari sistem maupun SOP sudah dilakukan berbagai perbaikan-perbaikan penting.

BACA JUGA :   Ingin Semenanjung Korea Damai, Presiden Jokowi: Penting, Bagi ASEAN Terus Kirim Pesan Perdamaian Kepada Korut

“Jika ada kelalaian untuk dilakukan tindak lanjut. Jika ada kelalaian dipastikan management tidak ragu untuk memberhentikan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Pahala menyebut pengembangan budaya kerja berbasis safety merupakan bentuk akuntabilitas perusahaan sehingga harus menjadi perhatian semua pihak.

Pertamina, imbuh Pahala, telah meningkatkan sistem monitoring sehingga titik-titik penting bisa diawasi secara langsung.

BACA JUGA :   Kampung Tangguh, Wujudkan Disiplin sebagai Vaksin COVID -19

“Saat ini Command Center Pertamina sudah dapat melakukan pengawasan melalui ratusan kamera CCTV tambahan, juga detector lebih baik seperti gas dan kebocoran lainnya serta pemasangan lightning protection system,” ucapnya.

Pahala juga berpesan agar adanya asset integrity yang lebih baik. Seluruh asset migas dipastikan dilakukan pemeliharaan (maintenance) dengan baik.

Dalam kunjungan kerja di Kilang Balongan, Pahala juga ingin memastikan kesiapan operasional dalam rangka Satgas Ramadan dan Idul Fitri (RAFI) berjalan dengan baik. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!