Erick Thohir Beri Pengakuan Mengejutkan, Sebut Investasi di IKN lebih Murah Dibanding Jakarta

Putraindonews.com – Jakarta | Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pengakuan yang mengejutkan publik. Pasalnya, dia menyebut berinvestasi di Ibu Kota Nusantara jauh lebih murah dibandingkan kota-kota lama seperti Jakarta dan lainnya.

“Ketika kita berinvestasi kota-kota baru (smart city) di kota-kota yang sudah ada seperti Jakarta Bandung Surabaya itu ongkosnya akan lebih mahal dibandingkan membangun sebuah kota baru dengan infrastruktur terkini. Itu realitas silakan saja dihitung,” kata Menteri Erick di Jakarta, Kamis (25/5).

Menurutnya, smart city atau kota pintar merupakan bagian dari kehidupan generasi muda yang berharap akan kemudahan dan perubahan. Idealnya, setiap negara memiliki minimal 10 smart city. Namun Indonesia baru mempunyai tiga smart city, yakni Jakarta, Makassar dan Medan.

BACA JUGA :   Kementerian BUMN Gabung Aplikasi Jadi Satu Bantu Warga Swa-Isolasi Covid-19

“Saya melihat di situ Jakarta, Makassar dan Medan yang masuk. Saya juga cukup surprise tapi saya tidak bisa berargumen data itu salah atau benar karena saya hanya membaca laporan data smart city yang ada di dunia dan ada rankingnya,” ucapnya.

Kendati pembangunan smart city di kota-kota lain di Indonesia sangat memungkinkan, ia menuturkan bahwa investasi yang dibutuhkan akan lebih mahal. Oleh karena itu, lanjutnya, pemerintah sangat mendukung pembangunan IKN yang mengusung konsep smart city sekaligus mampu menampung bebas penduduk yang ada di kota-kota besar di Pulau Jawa seperti Jakarta dan Surabaya.

BACA JUGA :   Kehadiran Tol Trans Sumatera Permudah Pemudik Pulang Kampung

“Indonesia itu diprediksi penduduknya naik sampai 315 juta. Nah pertanyaannya, 30-50 juta (penduduk) yang baru ini mau dibawa ke mana? Apakah dia akan tetap lari ke Jakarta, Surabaya? Kan tidak mungkin,” tuturnya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!