Kemendikbudristek Sebut Kurikulum Merdeka Mampu Wujudkan Lingkungan Sekolah Nyaman

Putraindonews.com – Sumut | Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek Zulfikri mengungkapkan bahwa hadirnya Kurikulum Merdeka dapat mewujudkan lingkungan sekolah menjadi tempat yang menyenangkan bagi peserta didik.

Dengan begitu, menurutnya siswa akan merasa nyaman mengikuti proses pembelajaran dan selanjutnya menemukan dunianya di sekolah tersebut.

“Melalui Kurikulum Merdeka hal itu diharapkan dapat diwujudkan sebagaimana yang diharapkan bapak Pendidikan kita Ki Hajar Dewantara yang menyebutkan bahwa pendidikan itu memerdekakan manusia secara lahir dan batin,” katanya di Medan, Jumat (19/5).

BACA JUGA :   Bansos Bagi Perkumpulan Penjahit Pondok Gede Jatimakmur yang Terdampak COVID-19

Ia mengatakan Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam, di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Demikian juga guru akan memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Menurut dia proyek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek tersebut tidak diarahkan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran.

BACA JUGA :   Jumlah Penjualan Tiket Kereta Api Capai 270.326

Ia mengatakan, dengan Kurikulum Merdeka akan membangun kembali marwah pendidikan. Selama ini mungkin para guru merasakan bahwa pendidikan lebih disibukkan adminstrasi yang rumit dan materi yang banyak, dan guru lebih banyak mengurus kurikulumnya dari pada mengurus muridnya. Red/Abi

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!