Launching Batik, Pemerintah Kabupaten Blitar Terus Kembangkan Khasanah Budaya & Keragaman

 

Bupati Kabupaten Blitar Rijanto menyampaikan sambutan di Festival Batik Khas Blitar

 

BLITAR – PUTRAINDONEWS.COM | Dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Blitar yang ke 695, nampaknya pemerintah berkiat untuk semakin mengembangkan khasanah budaya, dan keragaman, menggali potensi Bumi sang Proklamator. Satu potensi yang diangkat bernilai ekonomi kali ini adalah satu diantara nya batik khas Blitar yang dilounching langsung oleh Rijanto Bupati Blitar, 27 Juni 2019, Kamis malam di Amphiteater Penataran, Kecamatan Nglegok .

Menurut Panitia Penyelenggara Kepala Disporbudparda Suhendro Winarso,dalam penyelenggaraan ini yang dilaunching ada puluhan motif yang melambangkan sejarah dan kearifan lokal Kabupaten Blitar. Konsepnya adalah menyajikan mutu batik yang nantinya mampu memiliki daya saing, dengan design masa kini tetap akan memunculkan nilai sejarah dan eksotik

BACA JUGA :   Di BackUp Intelijen, Tim Penyidik JAM PIDSUS Sita Dua Aset Bos Duta Palma Group 'Lokasi Menteng & Senen'

Bupati Blitar mengatakan selain lounching batik pemerintah juga menetapkan logo peringatan hari jadi logo Kabupaten Blitar,dalam logo tersebut terdapat unsur Triangle Diamond (Sirah Kencong, Pantai dan Candi) dan gambar ikan Koi besar yang melingkari angka 695.

,“Batik khas Blitar yang dilaunching hari ini merupakan hasil rancangan para designer lengkap melalui pola perwalian pada batiknya,’’ kata Rijanto.

Dari kegiatan ini Bupati juga berharap,setelah acara peresmian logo Hari Jadi dan launching batik khas Blitar, bisa menjadi semangat untuk berperan aktif dalam setiap kegiatan,banyak motif yang di angkat selain batik dengan corak relief Candi Palah atau yang lebih dikenal dengan Candi Penataran, ada juga yang bermotif menceritakan asal usul nama desa-desa di Kabupaten Blitar.

BACA JUGA :   Temui KONI Sulsel, LaNyalla Minta Atlet Muaythai Makassar Fokus Raih Prestasi 

“Terima kasih penggiat batik yang berkarya menciptakan batik khas Kabupaten Blitar. Kami berharap ke depan batik khas Blitar ini semakin berkembang. Industri batik semakin maju Sehingga dapat mengangkat perekomomian Kabupaten Blitar,” tandasnya. (**)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!