Pantau Arus Lalin Jelang Mudik Lebaran 2023, Polres Sukabumi Pasang CCTV di Sejumlah Titik

***

Putraindonews.com – Sukabumi | Sejumlah perangkat closed circuit television (CCTV) dipasang di sejumlah titik di Kabupaten Sukabumi untuk memantau kondisi arus lalu lintas saat musim mudik Lebaran Idul Fitri 1444H.

“Perangkat CCTV tersebut dipasang di jalur-jalur utama mudik, baik di wilayah utara maupun selatan Kabupaten Sukabumi, kemudian di jalur wisata serta lokasi rawan kecelakaan dan kemacetan,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede di Sukabumi, Minggu (2/4).

Maruly menuturkan, keberadaan CCTV juga untuk mempercepat penanganan jika terjadi kecelakaan lalu lintas ataupun kemacetan, khususnya pada musim mudik Lebaran tahun ini.

BACA JUGA :   PERKUAT KETAHANAN PANGAN, Mentan SYL Genjot Industri Tepung Tapioka dan Sagu

“Pemasangan CCTV tersebut sudah difungsikan untuk melakukan pemantauan dan mempermudah koordinasi petugas di lapangan,” bebernya.

Sementara itu Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polres Sukabumi Aipda Deny Ferdianto menambahkan jumlah CCTV yang sudah terpasang saat ini sebanyak 38 unit yang tersebar di 38 titik.

Berita Terkait : antisipasi arus mudik lebaran 2023, polri akan terapkan sistem one way

Selain itu, dalam waktu dekat Polres Sukabumi akan menambah satu CCTV lagi yang akan dipasang di Tol Bocimi, tepatnya di pintu keluar tol Parungkuda atau Exit Tol Parungkuda, sehingga totalnya 39 CCTV.

BACA JUGA :   Hadirkan Ribuan Pemain Strategis, Pijar Foundation Dukung Visi Indonesia 2045

Adapun lokasi titik CCTV tersebut tersebar mulai dari Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Pasar Cicurug, Simpang TMC Cikidang, Pasar Cibadak, Pertigaan Bagbagan, Bundaran Batusapi, Simpang Gunungbutak, Pantai Karanghawu dan Tenjoresmi.

“Keberadaan CCTV ini tidak hanya untuk mempermudah dan mempercepat kerja petugas di lapangan dalam memberikan pelayanan, pengaturan dan pengamanan selama arus mudik hingga balik. Tetapi juga bisa dimanfaatkan oleh warga, pemudik ataupun wisatawan untuk mengetahui kondisi arus lalu lintas di jalur mudik, baik wisata maupun jalan protokol lainnya agar bisa menghindari kemacetan,” tandasnya. Red/HS

***

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!