Pemprov Banten Raih Kembali Indonesia’s Attractiveness Award 2016

Jakarta – Provinsi Banten kembali terpilih menjadi pemenang Indonesia’s Attractiveness Award 2016, setelah pada tahun sebelumnya mendapatkan penghargaan yang sama. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara kepada Gubernur Banten H. Rano Karno, S.IP, di Hotel Mulia Senayan – Jakarta, Kamis (22/09/2016).


Indonesia Atractiveness merupakan survei yang diselenggarakan oleh Tempo Media Group bekerja sama dengan Frontier Consultan Group. Salah satu dari survei ini adalah mengukur level daya tarik suatu daerah. Adapun sektor – sektor yang mendapat penilaian antara lain pariwisata, infrastruktur, investasi dan pelayanan publik.

Dalam pengumuman Provinsi terbaik, Provinsi Banten berada di posisi tujuh besar dengan Indeks 77,28 dari 12 Provinsi yang terbaik yang dipilih. Provinsi Banten berada di bawah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur. Provinsi Banten berada di atas Provinsi Lampung, Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Utara dan Bengkulu. Metode survei yang digunakan adalah kontribusi PDRB daerah. Metode ini kemudian mengerucut lagi melalui empat indikator investasi, infrastruktur, pariwisata, dan pelayanan publik.

BACA JUGA :   Gubernur Dorong Pemerintah Kabupaten dan Kota Gunakan Aplikasi Berbasis Elektronik

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Banten mengatakan bahwa penghargaan tersebut menjadi sebuah motivasi untuk Pemerintah Provinsi Banten agar terus memberikan yang terbaik dalam pembangunan daerah, terutama empat sektor yang menjadi penilaian.

Menurut Gubernur, ada dua hal yang akan terus didorong untuk meningkatkan investasi ke Provinsi Banten, memaksimalkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Seiring hal itu aspek pembangunan pariwisata dan bidang kesehatan juga akan menjadi penopang.

“Semua yang dilakukan, harus bermanfaat untuk masyarakat dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Banten,” Kata Gubernur

Sementara itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (BKPMPT) Provinsi Banten H. Babar Suharso menjelaskan, penghargaan yang diterima ini semakin mengukuhkan Banten sebagai Provinsi potensial dan memiliki daya tarik investasi yang bagus. Menurutnya, salah satu tujuan pemberian penghargaan ini juga adalah untuk meningkatkan kesadaran Kepala Daerah akan investasi dan pembangunan tingkat daerah di Indonesia.

“Kemajuan dan daya saing daerah ditentukan oleh pelayanan publik, ketersediaan infrastruktur, peningkatan pariwisata dan ketertarikan investor. Banten memiliki itu semua,” ungkap Kepala BKPMPT.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Banten H. Deden Apriandhi menambahkan, terpilihnya Provinsi Banten sebagai pemenang Indonesia’s Attractiveness Award 2016 menunjukkan adanya potensi besar bagi Provinsi Banten untuk dapat menarik para investor dan pelaku bisnis dalam memajukan perekonomian daerah.

BACA JUGA :   Gubernur Melepas Peserta Fun Bike Untirta

“Diraihnya penghargaan ini tentunya menunjukkan bahwa Banten dinilai sebagai salah satu Provinsi yang cukup punya potensi terutama dari segi bisnis dan pariwisata yang cukup baik bersama daerah lain yang menerima penghargaan serupa. Penghargaan ini tentunya cukup memotivasi kita,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol yang mendampingi Gubernur.

Pemerintah Provinsi Banten juga mengucapkan selamat untuk Kota Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang dan Kabupaten Serang yang meraih penghargaan serupa dalam kategori daerah terbaik dalam bidang investasi dan infrastruktur. Penghargaan ini juga merupakan apresiasi terhadap Kepala Daerah untuk lebih termotivasi memberikan pelayanan terhadap masyarakatnya dan menjadi motivasi daerah lainnya di Banten.

Turut hadir, dalam acara tersebut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ketua DPR RI Ade Komarudin, CEO Tempo Media Group Bambang Harymurti dan Kepala Daerah lainnya yang mendapatkan penghargaan.

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!