Rustam Effendi Dukung Perkembangan Olahraga Menembak di Babel

img-20161016-wa0039img-20161016-wa0040img-20161016-wa0036

Putraindonews.com – BABEL,  Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung upaya Pengprov PERBAKIN dalam menciptakan iklim kompetisi olahraga menembak di daerah, hal ini perlu karena Babel sekarang kekurangan atlet menembak.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rustam Effendi ketika membuka kejuaraan menembak  “Gubernur Cup II Tahun 2016” yang diselenggarakan Pengprov PERBAKIN Kepulauan Bangka Belitung di Lapangan Tembak Mapolda Kepulauan Bangka Belitung. Minggu (16/10/2016).

“Kegiatan ini bagian yang tak terpisahkan dari upaya kita mencari bibit – bibit unggul, diharapkan nantinya muncul atlet  – atlet menembak yang dapat mewakili Babel di kancah nasional, “ lanjut Gubernur Rustam.

Gubernur menyerahkan sepenuhnya pembinaan atlet menembak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Pengprov PERBAKIN Babel dan Pemprov Babel akan mendukung dengan prasarana dan sarana yang memadai.

“Detail Enginering Disaign (DED) Lapangan Tembak PERBAKIN Babel tinggal ditindaklanjuti pembangunanannya, “ ujarnya.

Gubernur Rustam mengapresiasi semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan lomba menembak ini, terlebih Polda Kepulauan Bangka Belitung  juga ikut berpartisipasi.

“Pelaksanaan lomba  ini bukan hanya mencari pemenang saja, melalui kegiatan ini diharapkan juga dapat mempererat  tali silaturahmi, agar kita bisa saling kenal, saling sapa dan saling asih satu sama lain, “ harap Gubernur Rustam.

Sementara itu Ketua Umum Pengprov PERBAKIN Kepulauan Bangka Belitung, H. Agus Lazuardi, ST, MT mengungkapkan rasa senangnya atas dukungan Gubernur, Kapolda dan semua pihak termasuk para sponsor atas terlaksananya kegiatan ini sebagai bagian dari program kerja PERBAKIN Babel dalam rangka pembinaan mencari calon – calon atlet menembak Babel.

“Terima kasih atas dukungan Gubernur, Kapolda dan semua pihak termasuk para sponsor sehingga kegiatan ini dapat terlaksana, terlebih kami dapat melaksanakan agenda kerja dalam mencari calon – calon atlet menembak di Babel, “ ujarnya.

Terkait penyelenggaraan lomba menembak ini Ketua Pelaksana, H. Ernawan Rebuin menjelaskan ada lima  kelas yang dipertandingkan yaitu lomba menembak 10 meter air rifle hunting untuk pelajar, 10 meter air rifle hunting untuk umum, 30 meter  air rifle hunting untuk umum, centre Fire 25 meter senpi pistol untuk umum/TNI/Polri dan lomba menembak senpi pistol untuk Forkopimda/eksekutif.

“Target peserta dalam lomba menembak ini diharapkan dapat meningkat dalam jumlahnya, berdasarkan jumlah peserta tahun lalu mencapai 150 -200 orang peserta, dan tahun ini peseta tidak hanya berasal dari Babel, juga ada peserta yang dari luar, terutama pada lomba centre point 25 meter senpi dari Jakarta, Bandung, Sumsel dan daerah lainnya, “ pungkasnya.

Diakhir acara pembukaan kejuaran menembak Gubernur Cup II tahun 2016, Gubernur dengan didampingi Kapolda Babel, Brigjen. Pol. Anton Wahono menyerahkan trophy dan hadiah lomba menembak Gubernur Cup tahun sebelumnya.

Hal ini terjadi, menurut keterangan Agus Lazuardi selaku Ketua Umum Pengprov PERBAKIN Babel bukan suatu yang disengaja.

“Seyogyanya hadiah tersebut akan dibagikan pada saat pelantikan, namun acara pelantikan yang dijadwalkan di Rumah Dinas Gubernur pada saat itu tertunda karena belum adanya kepastian dari PB PERBAKIN Pusat di Jakarta, “ terang Agus.

Dalam acara ini hadir unsur Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung diantaranya Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen. Pol. Anton Wahono beserta pejabat di jajarannya , Danlanal Babel, Kolonel Laut (P) Teguh Gunawan, sejumlah pejabat Kepala SKPD di lingkungan Pemprov Babel, Perwakilan PT. Timah Tbk, sejumlah pimpinan perbankan di Prov. Kep. Babel, dan undangan penting lainnya.

Ada hal yang menarik dari penyelenggaraan kejuaraan menembak tahun ini yaitu peragaan tembak reaksi dari PERBAKIN DKI yang dipimpin oleh Agus Budihartono dengan sejumlah timnya, menurut keterangan yang diperoleh dari Agus selaku Ketua Komisi Bidang Tembak Reaksi PERBAKIN DKI, timnya turun ke Babel untuk mensosialisasikan tembak reaksi kepada masyarakat.

“Yang perlu disiapkan dalam olah raga menembak reaksi ini, pertama adalah orangnya dulu, kemudian ia harus lulus seleksi untuk kepemilikan senpi, bagi masyarakat yang berminat dapat bergabung dalam club menembak dibawah naungan PERBAKIN, “ terangnya.

Kegiatan ini banyak menyedot perhatian peserta dan undangan, suara letusan senpi pistol yang sangat keras namun tak mengurangi antusias penonton menyaksikan peragaan tembak reaksi ini.

Lomba sempat terhenti beberapa saat ketika hujan deras mengganggu jalannya lomba, namun panitia dan peserta tetap semangat melanjutkannya hingga selesai.

Pemenang Juara Menembak

Panitia lomba “Gubernur Cup II tahun 2016, Satriana Herlambang selaku Sekretaris Umum PERBAKIN Babel, memberikan informasi para pemenang lomba menembak tersebut kepada humas.babelprov.go.id.

Untuk kelas 30 meter air rifle umum juara satu berharhasil diraih Erik Gunawan dari Bangka, juara dua diraih Bong Nam Lie dari Kampung Jeruk dan juara ketiga direbut Darwin dari Pangkalpinang.

Juara I kelas eksekutif senpi pistol berhasil diraih Asep, juara II direbut Jati dan juara III diraih Wakapolda Babel, Asep dan Jati keduanya berasal dari Eagle Shooting Club Jakarta.

Dikelas bergengsi lainnya centre fire pistol juara I diraih oleh Nirul Anwar dari Bank Sumsel Palembang, juara II direbut oleh Jati Laksono dari Jakarta dan juara ketiga diraih Siska dari Polresta Pangkalpinang.

Kejuaraan ini juga terbuka untuk kelas pelajar dan juara  pertama  10 meter air rifle  diraih Andika, juara II Devon dan juara ketiga direbut Haris, sedangkan 10 meter umum juara I direbut Muksem, juara II direbut Hendry dan juara ketiga Darwin.

Trophy dan hadiah untuk para pemenang lomba dibag ikan saat itu setelah rangkaian perlombaan selesai digelar.

(HumasProBabel/Andriani Mapikor)

BACA JUGA :   Kementerian PUPR Kebut Pembangunan 5.379 Unit Hunian Vertikal 2023 di Gorontalo

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!