Tingkatkan Minat Baca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumba Barat Gelar Sosialisasi Budaya dan Literasi

***

Putraindonews.com – Sumba Barat | Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumba Barat melakukan Kegiatan Sosialisasi Budaya Baca dan Literasi pada Satuan Pendidikan Dasar Tingkat Kabupaten Sumba Barat Tahun Anggaran 2023 di Kecamatan Kota Waikabubak.

Adapun kegiatan ini dilakukan di Aula SD Masehi Waikabubak I dengan jumlah peserta 32 orang dari 16 SD di Kecamatan Kota Waikabubak.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumba Barat Herybertus Ndama Nggilik menjadi narasumber bersama Deasy Anugraheny selaku Kepala Bidang Pendidikan Sekolah Dasar pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat.

BACA JUGA :   Anggaran Tambahan Pilkada Disetujui DPR dan Pemerintah

Herybertus mengatakan kondisi minat baca bangsa Indonesia memang cukup memprihatinkan.

“Studi ‘most littered nation in the word’ menempatkan Indonesia berada di urutan 60 dari 61 negara soal minat baca. Untuk itu, kita perlu melahirkan budaya baca anak sejak dini,” katanya kepada PutraIndonews, sabtu (25/3).

Baca Juga : sampah berhamburan di pesawahan, petani berharap ada perhatian dari dlh sumba barat

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk melahirkan strategi yang digunakan para perpustakaan agar bisa meningkatkan minat baca para siswa, tentu dibarengi buku-buku yang menarik yang menunjang minat baca siswa.

BACA JUGA :   Akibat Banjir, Aktivitas Sekolah di Kapuas Hulu Minta Diliburkan

Adapun kendala yang dialami Sekolah Dasar saat ini adalah minimnya ketersediaan buku baca anak.

“Dari dinas juga kewalahan dengan dana yang terbatas, ada buku tapi tidak memadai untuk semua sekolah,” pungkasnya. Red/Nov

***

 

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!