Budiman Sujatmiko Minta Pembangunan IKN Tidak Digiring ke Ranah Politik

Putraindonews.com – Jakarta | Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, meminta agar pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) tidak boleh ditarik ke ranah politik karena merupakan sebuah antisipasi Indonesia terhadap pemerataan pertumbuhan dan kemajuan Indonesia.

“Ini (IKN) adalah agenda strategis nasional yang tidak sepatutnya kita tarik-tarik ke ranah politik jangka pendek,” kata Budiman dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa (26/12/23).

Budiman mengemukakan hal itu menanggapi pernyataan calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang tidak lagi mendukung pembangunan IKN.

Dia menjelaskan bahwa pemindahan ibu kota negara bukanlah sebuah gagasan yang baru muncul di pemerintahan Presiden Joko Widodo, melainkan sudah ada sejak era Presiden Soekarno.

“Ini adalah amanat dan harapan berkelanjutan sejak Presiden Soekarno dan selanjutnya,” ujar dia.

Dia pun menyayangkan sikap tidak konsisten Cak Imin dari yang awalnya mendukung IKN menjadi tidak mendukung lagi saat berlangsungnya kontestasi Pilpres 2024. Menurut Budiman, hasil evaluasi pembangunan IKN yang dilakukan Cak Imin terlalu dini.

BACA JUGA :   Survei: Sebanyak 44,1 Persen Tidak Setuju Gibran Maju sebagai Bacawapres

“Terlalu dini jika menyebut perubahan sikap tersebut sebagai hasil evaluasi. Jika ini tentang investasi, menurut data yang saya peroleh total investasi yang masuk ke IKN sudah lebih dari 40 triliun,” kata dia.

Dia menyebutkan bahwa sudah terdapat beberapa kelompok pengusaha Indonesia yang telah melakukan investasi di proyek-proyek strategis IKN.

Menurut Budiman, salah satu faktor penentu yang menjadi daya tarik investor adalah adanya pemerintah dan kekuatan politik di Indonesia yang memiliki komitmen dan memperlihatkan keseriusannya dalam membangun IKN.

Selain itu, kata dia, proyek sebesar IKN juga akan memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan kota-kota sekitarnya, seperti Balikpapan, Banjarmasin, dan Pontianak.

“Bahkan masyarakat Kalimantan sendiri menyambut IKN karena memahami bahwa pembangunan IKN akan memicu aktivitas ekonomi yang semakin meningkat di sekitar kawasan tersebut,” ujar dia.

Sebelumnya dalam debat kedua Pilpres 2024, Jumat (22/12), calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyinggung cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar yang tidak lagi mendukung proses pembangunan IKN setelah mendampingi calon presiden Anies Baswedan yang mengusung tema perubahan.

BACA JUGA :   Grace Natalie: Jangan Tendensius Tanggapi Rekapitulasi KPU

“Saya ingat sekali Gus Muhaimin dulu sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng di IKN. Ini gimana ini … tidak konsisten. Dulu dukung, sekarang tidak dukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang mengusung tema perubahan,” kata Gibran saat debat cawapres di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat malam.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!