Tim Juri Lomba IMA 2023 Kota Makassar Lakukan Verifikasi Lapangan di SD Negeri Rappocini

Putraindonews.com – Sulsel | Lomba Innovative Major Award (IMA) 2023 Tingkat Kota Makassar, memasuki salah satu tahapan penting. Yakni, verifikasi lapangan oleh Tim Juri IMA, yang masuk 6 besar peserta Lomba IMA 2023, pada Senin, 30 Oktober 2023. Salah satunya, SD Negeri Rappocini, di Jalan Cilallang Jaya No. 30 Makassar.

Tim Juri terdiri dari Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, H Andi Bukti Djufrie, SP, M.Si, Prof Dr Anwar Ramli, SE, M.Si, dan Kepala Bidang Teknologi dan Inovasi Balitbangda Kota Makassar, Dr Muhammad Amri Akbar, SP, M.Si.

Begitu memasuki gerbang sekolah, Tim disambut Tari Paduppa dan yel-yel “Halte Literasi”. Murid-murid SD yang berada di Kelurahan Buakana, Kecamatan Rappocini ini juga mempersembahkan Tari Gandrang Bulo, yang hadirkan suasana gembira.

Selama verifikasi lapangan, Tim Juri berinteraksi dengan anak-anak yang merupakan Duta Literasi. Juga dengan orangtua siswa yang tergabung dalam komunitas Gesit Ta’ (gerak cepat selalu inovatif keluarga kita).

Tim bertanya seputar aktivitas membaca dan bacaan yang diakses anak-anak. Disampaikan bahwa ada “Halte Literasi” yang menyediakan bacaan bagi anak-anak. Namun, ada pula bacaan yang khusus disediakan bagi orangtua, yang disebut “Literasi Keluarga”, disingkat LIGA. Bahan bacaan pada LIGA, yang juga merupakan inovasi sekolah, merupakan hasil donasi buku dari orangtua.

Kepala UPT SPF SD Negeri Rappocini, Juli Astutik, S.Pd, M.Pd, terlihat begitu bersemangat menyambut tamu-tamu istimewanya. Guru-guru, murid-murid, orangtua siswa, dan Komite Sekolah juga terlihat kompak dan saling dukung, demi suksesnya kegiatan verifikasi lapangan ini.

BACA JUGA :   Walikota Prabumulih Dukung Wacana Provinsi Baru di Sumatera Selatan

Juli Astutik mengungkapkan, “Halte Literasi” ini diajukan karena pertimbangan kemanfaatan. Program ini dinilai paling banyak mendatangkan manfaat langsung kepada siswa. Lagi pula, “Halte Literasi” dalam pelaksanaannya juga melibatkan orangtua. Jadi dia menyampaikan hal ini terlebih dahulu kepada orangtua agar mendapat pesertujuan.

Menurutnya, biar bagaimanapun, orangtua dan guru yang terlibat dalam inovasi ini. Pelibatan guru-guru pun begitu. Manajemen yang digunakan, yakni mendelegasikan kewenangan dan berbagi tugas dengan para guru. Pendekatan berbagi tugas ini agar pelaksanaan program bisa lebih efektif kegiatan.

Jadi, ada yang bertugas di program “Halte Literasi”, di program Gesit Ta’, di LIGA), di S3 (seribuku, seribumu, seribu kita semua) Markisa’ (mariki sedekah sampahta) dll.

Juli Astutik melanjutkan cerita di balik program inovasi “Halte Literasi”. Katanya, pagar besi yang jadi rak-rak buku, tadinya merupakan bekas pagar tanaman. Pagar besi ini semula merupakan pembatas taman dengan teras kelas.

Bekas pagar besi itu, ketika dilakukan penataan di dekat pintu gerbang sisi kanan, tidak dibuang, melainkan dimanfaatkan. Penataan yang dilakukan berupa pembuatan kolam ikan. Pada sisi timur, ada juga “Halte Literasi” yang terbuat dari bahan ramah lingkungan, seperti bambu.

Dikemukakan, sejak awal program ini dibuat, ia ingin murid-muridnya seperti orang bule, yang rajin membaca buku, di mana pun mereka berada. Saat di pantai dan tengah berjemur sekalipun, mereka terlihat membaca buku.

Baginya, yang penting dipikirkan adalah bagaimana keberlanutan program ini. Karena “Halte Literasi ini untuk membudayakan kegemaran membaca. Sehingga nanti memperkuat pendidikan karakter anak menjadi anak-anak yang berwawasan luas, kreatif dan mandiri.

BACA JUGA :   Talk Show Inspiratif, Jaga Hati - Imun dan Prokes di Bulan Ramadhan 'Selasa 12 April 2022'

Disampaikan, dia sudah 8 tahun sebagai kepala sekolah di SD Negeri Rappocini. Dia terus berupaya mendorong partisipasi orangtua. Semuanya butuh pendekatan. Kalau orangtua percaya pada sekolah dan kepala sekolah maka mereka akan mengulurkan tangan ikut berpartisipasi.

Jadi diakui, keberhasilan masuk 6 besar IMA 2023, merupakan hasil kerja tim. Diperjelas bahwa yang dimaksud tim adalah Komite Sekolah, orangtua siswa dan guru-guru. Itu juga yang sekolahnya lakukan ketika berhasil meraih Adiwiyata Nasional. Ini semua butuh waktu, strategi, dan pendekatan.

Partisipasi dan kolaborasi dengan orangtua diperlukan bisa berupa tenaga, dan ide-idenya. Disampaikan, ada memang kegiatan-kegiatan yang tidak bisa dibiayai dari dana BOS. Sehingga itu diambil dari program inovasi S3, yang merupakan hasil sumbangan sukarela.

Ketua Komite Sekolah SD Negeri Rappocini, H Azis Undjung, mengakui banyak perubahan setelah Juli Astutik jadi kepala sekolah di sini. Di antaranya, dia berhasil menggalang dukungan partisipasi dari orangtua dan membuat terobosan lewat program-program inovasi di SD Negeri Rappocini.

Saat verifikasi lapangan oleh Tim Juri IMA 2023, hadir mitra dari kalangan media massa, dan pegiat literasi, Rusdin Tompo. Sejumlah kepala sekolah juga datang memberi support, di antaranya Kepala SD Inpres Cilallang, Dra Hj Hasniah, Kepala SDN Kompleks Sambung Jawa, Fahmawati, S.Pd, Kepala SD Inpres Kelapa Tiga 1, Hj Nahidha Mallapiang, S.Pd, M.Pd, dan Plh Kepala SD Inpres Hartaco Indah, Nuraeni Amir, S.Pd. Red/RT

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!