Wapres Minta KDEKS Kaltim Segera Susun Program Jangka Menengah dan Panjang

Putraindonews.com – Tarakan | Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendesak Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Kalimantan Timur segera menyusun program jangka menengah dan panjang.

Hal itu dimaksudkan untuk memacu keberhasilan yang telah diraih provinsi tersebut dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Permintaan itu disampaikan Wapres dalam sambutannya pada acara Pengukuhan KDEKS Kalimantan Timur di Samarinda, Jumat.

“Untuk memacu keberhasilan yang diraih, saya minta KDEKS Provinsi Kalimantan Timur segera menyusun program jangka menengah dan jangka panjang, serta menetapkan quick wins, seraya memastikan pertumbuhan ekonomi dan keseimbangan ekologi di wilayah ini tidak berseberangan,” ujar Wapres.

BACA JUGA :   Berikan Kemudahan Pelayanan, Polres Jakarta Pusat Gelar YANLING di West Mall Grand Indonesia

Menurut Wapres, KDEKS Kaltim perlu memprioritaskan pengembangan ekosistem rantai nilai halal, di antaranya dengan fasilitasi sertifikasi halal bagi UMKM, serta penguatan sektor hulu sertifikasi di wilayah.

Dia menekankan perlunya langkah terobosan yang kolaboratif untuk mengejar target 10 juta produk bersertifikat halal di 2024.

Selain itu, pariwisata ramah Muslim di obyek wisata bahari Kepulauan Derawan menurutnya juga patut menjadi prioritas karena berpeluang besar sebagai destinasi favorit wisata ramah Muslim berkelas dunia.

BACA JUGA :   Jenry Pasassan Pamerkan Seni Instalasi dari Knalpot

“Kenali kebutuhan dan keinginan pasar wisatawan Muslim. Jadikan aspek kebersihan dan kesehatan sebagai tumpuan, ditambah dengan ketersediaan SDM yang kapabel dalam mengelola wisata alam. Tentunya, tetap kedepankan pelestarian ekosistem pesisir dan laut yang berkelanjutan, dan pastikan roda aktivitas pariwisata yang sudah berjalan selama ini tidak terganggu,” pintanya. Red/HS

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

error: Content is protected !!